Persiapan Jadi Mahasiswa Arsitektur Interior
Design

Persiapan Jadi Mahasiswa Arsitektur Interior

Menjadi seorang mahasiswa arsitektur interior tidaklah mudah. Pasalnya selain mempelajari materi di bidang arsitektur, Anda harus mempelajari interior. Walaupun begitu, mahasiswa lulusan arsitektur ini dibutuhkan di berbagai bidang seperti residnesial, retail dan komersial.

Jika Anda berminat untuk masuk jurusan arsitektur interior, maka Anda harus mempersiapkan hal seperti berikut ini:

  • Memilih Universitas

Tentu saja Anda harus menentukan universitas mana yang ingin Anda masuki. Ini karena masing-masing universitas memiliki ketentuan dan standar yang berbeda-beda. Jika Anda ingin fokus di dunia arsitektur dan interior di universitas tersebut, tentu Anda harus memenuhi standar yang ditentukan.

Dengan begitu, Anda bisa masuk ke jurusan yang Anda inginkan. Selain itu, Anda juga tidak akan keteteran saat mendapatkan pembelajaran atau mata kuliah seputar arsitektur dan interior.

  • Tumbuhkan Seni dan Estetika

Ketika Anda ingin masuk jurusan arsitektur, bakat atau kemahiran menggambar bukan hal utama yang harus Anda persiapkan. Sebaliknya Anda justru harus menumbuhkan seni dan estetika yang ada di dalam diri Anda.

Ini karena dalam merancang dan membangun suatu bangunan ataupun ruangan, Anda harus merasakan apakah tatanan tersebut sudah pas atau belum. Jika hanya mengandalkan pengelihatan, hasilnya akan kurang maksimal. Anda harus menumbuhkan estetika dalam diri untuk menghasilkan rancangan yang memiliki fungsi namun juga memiliki nilai keindahan.

  • Logika dan Perhitungan Kuat
Persiapan Jadi Mahasiswa Arsitektur Interior
Persiapan Jadi Mahasiswa Arsitektur Interior

Saat Anda masuk jurusan arsitektur, kemampuan matematika Anda sangat diperlukan. Ini disebabkan karena Anda harus merancang suatu bangunan. Jika perhitungan Anda tidak benar, bahkan hanya selisi 0,0… bangunan tidak akan berdiri dengan maksimal.

Karena hal tersebut ketika Anda memutuskan untuk masuk jurusan arsitektur, setidaknya Anda memiliki logika dan matematika yang kuat. Walaupun nantinya, Anda memilih fokus yang lebih spesifik di bidang interior. Dengan begitu, kombinasi antara perhitungan yang tepat dan estetika yang Anda miliki bisa membantun bangunan yang menarik.

  • Penuh Imajinasi, Kreatif dan Ide

Walaupun Anda dituntut harus memiliki logika yang kuat, namun, di saat bersamaan Anda juga harus memiliki imajinasi dan kreativitas. Ini seperti Anda mencari cara membuat kemasan es krim yang menarik dan pas untuk produk yang ada di dalamnya. Di dunia arsitektur dan interior Anda juga harus mempertimbangkan fungsi dan tujuan dari bangunan tersebut.

Kenapa hal tersebut harus dilakukan? Salah satunya adalah untuk identitas tersendiri sehingga bangunan tersebut akan berbeda dengan bangunan yang lainnya.

  • Tekun dan Sabar

Mempelajari sesuatu yang pasti namun dikombinasikan dengan estetika memang tidak mudah. Mau tidak mau Anda harus belajar untuk tekun dan sabar. Bahkan, Anda juga harus teliti agar tidak ada yng salah dalam rancangan yang Anda buat.

  • Mau Bekerja Keras dan DIsiplin

Bidang apapun yang ingin Anda tekuni, maka Anda tetap harus disiplin dan bertanggung jawab. Dengan begitu, Anda akan bisa mencapai impian yang Anda inginkan.

Itulah persiapan yang harus Anda miliki jika Anda ingin masuk jurusan arsitektur interior. Jangan lupa untuk tetap bekerja keras dan berdoa ya agar cita-cita Anda tercapai.