Belajar Desain Rumah dengan Mudah untuk Pemula
Design

Belajar Desain Rumah dengan Mudah untuk Pemula

Tidak sedikit orang yang mencoba untuk belajar desain rumah sendiri misalnya karena ingin mencoba membuat rumah impian sendiri. Tapi, bukankah belajar membuat sketsa rumah itu susah? Ada yang bilang susah dan ada yang bilang mudah.

Lalu, bagaimana cara belajar desain rumah? Caranya seperti yang ada di artikel berikut ini:

 

  • Temukan Inspirasi dan Referensi

 

Karena Anda tidak atau belum memiliki dasar pengetahuan tentang dunia desain rumah, maka Anda harus mencari inspirasi dan juga referensi terlebih dahulu. Fungsinya adalah sebagai acuan dan untuk membantu Anda saat hendak membuat desain rumah yang Anda inginkan.

Referensi yang Anda peroleh bisa dari buku, internet, teman, keluarga bahkan dari pameran sekalipun. Setelah itu, Anda bisa menentukan akan membuat desain rumah yang seperti apa.

 

  • Tentukan Kebutuhan dan Ruang

 

Jangan lupa untuk menentukan kebutuhan dan juga ruang yang Anda inginkan untuk rumah Anda. Misalnya apakah Anda akan membuat rumah tipe 36 atau 60. Dengan begitu, Anda bisa membagi ruang berdasarkan pada kebutuhan dan mempermudah Anda dalam membuat desain.

Agar Anda tidak lupa, Anda bisa mencatat ruang apa yang diperlukan dan ukuran dari ruangan tersebut. Dengan begitu, Anda bisa menentukan ukuran dari ruangan yang akan Anda buat, misalnya untuk kamar tidur utama dan kamar tidur anak.

 

  • Buat Sketsa
Belajar Desain Rumah dengan Mudah untuk Pemula
Belajar Desain Rumah dengan Mudah untuk Pemula

 

Setelah Anda menentukan ruang, maka Anda bisa menggambar sketsanya. Pilih salah satu sketsa bangunan yang Anda sukai dan kemudian Anda bisa memodifikasi sketsa tersebut sesuai dengan tanah dan bangunan yang akan dibangun.

Siapkan kertas milimeter block untuk mempermudah Anda menggaris sesuai dengan skala yang Anda inginkan, pensil dan penggaris. Siapkan juga penghapus untuk membantu menghapus bagian yang dirasa kurang tepat.

Setelah itu, masukkan ruang yang dibutuhkan ke sketsa denah rumah yang sedang Anda buat. Pertimbangkan ukurannya dan sebaiknya gunakan skala perbandingan antara gambar dengan ukuran asli. Dengan begitu, gambar denah tidak berbeda dengan bentuk rumah ketika dibangun atau dibuat modelnya.

 

  • Perhatikan Detail Rumah

 

Jika denah rumah sudah dibuat dengan ukuran yang tepat, maka Anda harus memperhatikan detailnya. Mulai dari penataan furniture, tebal dinding, model jendela yang akan digunakan. Semakin detail gambarnya maka akan semakin bagus.

Untuk detail gambar ini, Anda bisa menambahkan informasi ataupun menggambar per ruangan di kertas lain. Dengan begitu, Anda bisa menuliskan atau menggambarkan detail dengan lebih baik dan jelas.

 

  • Evaluasi

 

Setelah itu, evaluasi. Jika Anda hendak menggunakan gambar tersebut untuk rumah Anda sendiri, maka akan lebih baik dikonsultasikan dengan jasa desain rumah. Dengan begitu, Anda bisa tahu, apakah detail seperti tebal tembok tersebut sudah presisi dengan bentuk rumah yang Anda inginkan. Karena jika tidak, rumah tidak akan kuat berdiri dan bisa mengancam keselamatan Anda.

Itulah tips belajar desain rumah khusus untuk Anda. Selamat mencoba dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan pihak professional jika Anda ingin merealisasikan denah tersebut ke bentuk bangunan.