Bagaimana Dampak Media Sosial untuk Pasangan?
Others

Bagaimana Dampak Media Sosial untuk Pasangan?

Tidak bisa dipungkiri jika perkembangan sosial media yang sangat pesat akan berpengaruh pada pasangan. Dampak media sosial ini sangat beragam dan bisa positif atau pun negatif. Sayangnya, banyak dampak negatif karena kecanduan menggunakan media sosial.

Dampak Negatif Media Sosial untuk Pasangan

Ada banyak dampak media sosial yang negatif untuk kehidupan berpasangan, diantaranya:

  • Menimbulkan Stress

Ada banyak alasan mengapa orang menggunakan media sosial. Mulai dari untuk mencari kesenangan, meluapkan kekesalan, kekecewaan, membagi  hasil karya dan yang lainnya. Sayangnya, banyak orang yang mengunggah sesuatu yang berisi keluhan dan stress yang tiada habisnya.

Akibatnya, orang malah mengalami stress yang berkepanjangan lho. Hal ini dibuktikan oleh peneliti dari Pew Research Center, Washington DC di tahun 2015. Dari penelitian tersebut, para peneliti melibatkan sebanyak 1800 orang surveyor dan hasilnya, perempuan lebih sering mengalami stress dibandingkan laki-laki.

Bagaimana Dampak Media Sosial untuk Pasangan?
Bagaimana Dampak Media Sosial untuk Pasangan?

Namun, seiring berkembangnya zaman, stress akibat penggunaan media sosial juga dialami oleh pria walaupun tidak sebanyak wanita. Stress yang berkepanjangan inilah yang akan mengganggu hubungan Anda dengan pasangan Anda. Alhasil, hubungan dengan pasangan menjadi tidak sehat bahkan bisa membuat Anda dan pasangan bertengkar setiap hari.

  • Kecemasan

Di media sosial, Anda bisa menemukan banyak unggahan. Mulai dari lelucon hingga gaya hidup yang tak jarang menimbulkan iri, cemburu dan rasa tidak percaya diri. Apalagi ketika mendapati pasangan Anda suka atau mengagumi orang yang ada di postingan tersebut dan menuntut untuk seperti orang tersebut.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan juga ketika Anda atau pasangan merasa minder atau tidak percaya diri karena membandingkan diri Anda dengan postingan tersebut. Hal inilah yang menyebabkan hubungan menjadi tidak sehat dan memicu pertengkaran.

  • Mengabaikan Pasangan

Dampak kecanduan media sosial bisa menyebabkan hubungan menjadi renggang. Misalnya karena salah satu dari Anda yang terlalu memperhatikan media sosial dan mencari mahasiswa arsitektur interior yang cakep. Apalagi ketika sedang bersama, salah satu dari Anda hanya memperhatikan gadget dan scrolling untuk mencari informasi terkini.

Awalnya terlihat sepele dan biasa saja, tetapi, jika hal ini berlangsung berulang kali, pasangan Anda akan merasa terpinggirkan. Bahkan, kekecewaan yang besar dapat menyebabkan hubungan Anda dan pasangan menjadi semakin renggang.,

  • Membuat Masalah Semakin Menumpuk

Ada kalanya, media sosial menjadi objek pengalihan masalah yang efektif. Namun sebaliknya, media sosial juga bisa membuat masalah semakin menumpuk dan tak terselesaikan.

Misalnya saat Anda sedang duduk berdua dengan pasangan. Awalnya, Anda ingin membicarakan masalah penting, akan tetapi, tiba-tiba muncul notifikasi dari ponsel pasangan Anda bahwa ada berita terkini yang menarik. Alhasil, Anda hanya bisa menahan diri untuk membicarakan masalah dengan pasangan Anda, masalah menumpuk dan hubungan dengan pasangan tidak harmonis.

Jadi, itulah beberapa dampak media sosial yang negatif terhadap pasangan. Ada baiknya, untuk tetap memperhatikan waktu menggunakan gadget dan berselancar di media sosial agar hubungan dengan pasangan tetap harmonis dan terjaga.